Kamis, 22 Desember 2011

Atasi Insomnia dengan Kompresan Air Dingin




                Pernahkah anda mengalami susah tidur atau insomnia? Hal yang mungkin anda lakukan adalah menonton acara – acara tidak penting di malam hari, membaca buku yang sebenarnya merupakan hal yang paling anda benci, hingga meminum obat tidur. Namun saya punya solusi lain untuk mengatasi masalah ini, yakni dengan mengompres kepala anda dengan air dingin.
                Pernah dilakukan sebuah penelitian mengenai cara mengatasi pasien yang menderita insomnia oleh para dokter dari University of Pittburgh School of Medicine. 12 orang pengidap insomnia yang mengalami susah tidur akibat stress ( insomnia primer ) dan 12 orang pasien yang kesehatannya terkontrol diberikan tudung plastik berisi air dingin di kulit kepala dan dahi karena pengidap insomnia ternyata memiliki aktivitas otak yang lebih tinggi dari orang – oran yang tidak memiliki gangguan tidur. Tudung tersebut berfungsi untuk menurunkan suhu prefrontal cortex, bagian otak yang mempengaruhi kita untuk tidur nyenyak. Akibatnya kerja otak menurun dan mendorongnya untuk beristirahat. Setelah mengenakan tudung ini para pengisap insomnia langsung tertidur hanya dalam waktu 13 menit. Waktu yang dibutuhkan tersebut bahkan lebih cepat dari waktu yang dibutuhkan oleh pasien yang sehat untuk terlelap. Baik pengidap insomnia maupun pasien normal sama – sama menghabiskan 89% dari waktunya untuk tidur.
                Dua tahun sebelumnya juga pernah dilakukan penelitian serupa yang dilakukan oleh spesialis masalah tidur di Inggris. Dalam penelitian ini disarankan bahwa cara yang lebih mudah untuk mengatasi msalah insomnia adalah dengan mendinginkan tubuh.

1 komentar: